Kamar Anak Dibiarkan Berantakan Ternyata Ada Manfaatnya Lho..

Melihat ruang kamar berantakan sebagai seorang ibu, tentu membuat kita geram dan ingin segera membereskannya. Tapi, ternyata membiarkan kamar anak berantakan dengan mainan mainana mereka ternyata ada manfaatnya lhoo bun.. jangan keburu geram duku ya,, meskipun terlihat sedikit jorok karena tidak beraturan membiarkan kamar anak dengan kedaan begitu membawa sisi positif.

Sisi positif membiarkan kamar anak berantakan

Bagi sebagian besar orang tua, tentu akan mengatakan hal ini adalah hal yang buruk dan tidak ada baiknya sama sekali. Terlebih lagi jika kondisi ini terlihat di set kamar anak yang sudah mulai memasuki usi remaja. Akan sangat mengganggu tentunya. Tapi teranyata menurut laman families, hal ini justru memberikan manfaat tersendiri yaitu:

  • Membuat anak merasa nyaman

Meskipun terlihat gaenak untuk dipandang, dan kita sudah sering sekali memarahi anak untuk segera merapikannya ternyata hal ini adalah satu bentuk eksplorasi mereka terhadap keinginannya. Mungkin mereka sedang berusaha menciptakan suasana kamar yang sesuai dengan kepribadiannya.

  • Privasi anak

Sama seperti kita sebagai orang dewasa, anak juga memiliki privasi tersendiri. Nahh kamar tidur pribadinya adalah ruang privasinya. Tatanan kamrnya adalah privasi dan haknya. Jadi, meskipun membuat orang lain tidak nyaman harus tetap kita hargai keinginan dan privasinya tersebut.

  • Anak belajar tanggung jawab

Di kamar pribadinya, bagaimanapun keadannya adalah tanggung jawabnya. Jadi, saat berantakan pun itu merupakan tanggung jawab untuk si anak agar merapikannya. Untuk membuat anak lebih disiplin dan tanggung jawab anda bisa memberikan aturan khusus di kamarnya dan anda boleh menghukumnya jika ia melanggar dari aturan yang telah disepakati.

Untuk kasus kamar anak berantakan, berarti hukuman yang tepat adalah dengan mereka merapikannya seniri tanpa sedikitpun bantuan dari anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *