Categories
Parenting

Nutrisi untuk Anak Bangsa Bagian 2

Nutritalk spesial kali ini menghadirkan pembicara Prof. Dr. PH. Endang L. Achadi, MPH, guru besar tetap Ilmu Gizi dan Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia yang mempresentasikan “1000 Hari Pertama yang menentukan Masa Depan Bangsa”.

Juga hadir Dr. Pinky Saptandari, MA, staf khusus Menteri Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak, yang mempresentasikan “Dukungan Keluarga & Budaya untuk Pemenuhan Gizi Pada Awal Kehidupan”. Puncak acara perayaan ulang tahun ke-60 Sarihusada tahun ini diisi dengan event Fun Walk yang dimulai dari alun-alun Yogyakarta. Usai Fun Walk diadakan games untuk keluarga besar Sarihusada, yaitu lomba kreasi tumpeng, yang bertujuan mendekatkan dan menyosialisasikan pemenuhan tumpeng gizi.

Dalam sambutan dan ucapan terima kasihnya kepada semua pihak, Presiden Direktur Sarihusada, Olivier Pierredon mengatakan, selama 60 tahun melewati kondisi ekonomi yang berbeda-beda serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, Sarihusada secara konsisten memproduksi nutrisi ibu dan anak yang berkualitas dan terjangkau, juga cocok bagi masyarakat Indonesia. Hal ini bisa terjadi karena Sarihusada lahir dan dikembangan oleh bangsa Indonesia. Olivier pun menyampaikan, “Untuk dapat memproduksi nutrisi yang berkualitas, terjangkau, dan dapat diterima oleh lapisan masyarakat terbesar Indonesia, kami mengandalkan penelitian dan inovasi. Inovasi ini juga kami lakukan agar nutrisi yang kami hasilkan sesuai dengan perkembangan zaman dan gaya hidup.”

Tak Mau Makan Buah Potong

Dokter Rifan, kenapa anak saya (2), kok enggak suka sama buahbuahan yang dipotong/dikupas? Setiap dikasih pasti dilepeh. Tapi kalau buahnya dijus langsung diminum habis. Saya khawatir, apakah boleh mengonsumsi buah dijus terus? Apa dampaknya? Saya ingin melatihnya makan buah potong agar giginya terbiasa mengunyah. Saya mohon saran Dokter. Terima kasih. Bunniya – Serang.

Mungkin si kecil belum mampu menelan buah dalam bentuk utuh. Beberapa hal yang bisa menjadi penyebab, ia tidak menyukai tekstur, rasa, maupun bau dari buah tersebut, re!eks menelan yang belum sepenuhnya optimal, dan sebagainya. Minum jus buah tidak akan menyebabkan dampak negatif bagi si kecil. Namun demikian saya setuju Ibu perlu terus melatihnya memakan buah-buahan langsung (buah segar potong). Latihlah secara bertahap seperti dalam bentuk potongan-potongan yang lebih kecil, lebih halus, dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *