Tips Mendesain Ruang Makan yang Nyaman

Gunakan bahan penutup lantai yang mudah dibersihkan, sepert keramik, mengingat banyak kemungkinan minyak masakan yang tumpah ke lantai. Namun, pilih juga material lantai yang ant -slip. Sesuaikan ukuran ruang dengan pemilihan bentuk furnitur. Jika ruangannya sempit, jangan pilih furnitur berukuran besar, agar ruangan tidak terasa bulky.  

Pilih furnitur dengan bentuk dan material yang tahan air dan mudah dibersihkan salah satunya material kaca untuk meja makan. Selain itu, hindari sudut-sudut tajam, terutama bila Anda memiliki anak kecil. Ruang makan ini dirancang dengan 3 kelebihan: akses dekat menuju dapur dan ruang keluarga, jendela kaca besar menghadap taman sebagai celah sirkulasi udara, dan aksen dekoratif di salah satu dinding. Tujuannya, agar acara makan bersama keluarga kami bisa berjalan nyaman, akrab, dan tetap menjamin kesehatan seluruh keluarga kami.

Kemudahan akses merupakan salah satu syarat utama peletakan sebuah ruang makan. Terutama, aksesnya terhadap dapur. Di rumahrumah mungil, seringkali ruang makan dan dapur bersatu. Namun, idealnya, ruang makan memiliki jarak dan pembatasan zona aktivitas yang jelas dengan dapur, tapi tetap berdekatan.

Kesehatan adalah poin penting yang harus dipenuhi dalam ruang makan. Salah satu hal yang memengaruhi kesehatan adalah sirkulasi udara. Dibutuhkan banyak bukaan seperti jendela dan pintu di dinding ruangan. Tak hanya mendapatkan udara yang sehat, dengan bukaan yang banyak, asap-asap masakan pun dapat keluar ruangan dengan mudah.

Sesuaikan ukuran, bentuk dan desain furnitur ruang makan dengan kebutuhan dan ritual makan keluarga Anda. Dengan furnitur berbentuk custom yang bisa digunakan sesuai kegiatan dan kebutuhan makan serta sesuai dengan karakter semua anggota keluarga.

Pemilihan warna memiliki kaitan erat dengan sisi psikologis sang penghuni. Anda pun harus berhati-hati menentukan warna dalam ruang makan ini. Anda juga dapat menambahkan warna yang bisa membuat nafsu makan bertambah. Seperti warna merah dan warna jingga yang menjadi elemen utama ruang makan yang nyaman. Warna tersebut bisa diterapkan pada dinding , furnitur, dan aksesoris lainnya.

Fungsi ruang makan telah bergeser menjadi area berkumpul keluarga. Karena itulah, pencahayaan di ruang makan sangat penting agar suasana selalu hangat dan bisa membuat keakraban antar anggota keluarga. Pancarkan cahaya lampu yang halus dan lembut, tetapi tidak redup. Anda juga bisa memilih lampu gantung, tetapi hindari pemilihan lampu yang terlalu rendah.

Selain itu juga dibutuhkan sebuah genset sebagai sumber listrik cadangan ketika listrik dari PLN sedang padam. Genset yang murah untuk rumah tangga bisa didapatkan melalui Distributor resmi Jual genset Cummins di Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *